PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN BAHRUL ‘ULUM
TAMBAKBERAS JOMBANG
A.
PENDAHULUAN
Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Jombang adalah salah satu pondok pesantren tertua di Jawa Timur, dengan
kapasitas kurang lebih sebanyak 7500 santri baik putra maupun putri Pesantren
Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang telah
menyediakan sebanyak 33 ribath dan 18 sekolah/madrasah, mulai dari tingkat pra
sekolah sampai dengan perguruan tinggi.
Kesibukan Pesantren Bahrul ‘Ulum
Tambakberas Jombang dalam melayani kebutuhan dasar pengembangan yang terwujud
dalam perbaikan sarana dan prasarana nonfisik yang bersifat pendidikan dan
pengajaran terus berlanjut hingga kini dengan tujuan untuk mengarahkan pada
terciptanya suasana pendidikan dan pengajaran yang siap memenuhi kebutuhan yang
diinginkan masyarakat.
a.
Ribath-Ribath
Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang
NO
|
NAMA RIBATH
|
PENGASUH
|
1
|
Pondok Induk
|
KH. Abdul Mashir Fattah
|
2
|
Al-Lathifiyyah 1
|
Nyai Hj. Macfudhoh Aly Ubaid
|
3
|
Al-Fathimiyyah
|
KH. Abdul Nashir Fattah
|
4
|
Al Muhajirin1/ Al Muhajirot 1
|
Nyai Hj. Fathimah Sholeh
|
5
|
Al-Muhajirin 2/ Al-Muhajirot 2
|
Nyai Hj. Hafshoh Yahya
|
6
|
Al-Muhajirin 3/ Al-Muhajirot 3
|
Nyai Hj. Hurun ‘Ain Malik
|
7
|
As Sa’idiyyah 1 (Pa/Pi)
|
Nyai
Hj. Zubaidah Nashrulloh
|
8
|
As Sa’idiyyah 2(Pa/Pi)
|
Drs.
KH. Ahmad Hasan,M.Pd.I
|
9
|
As Sa’idiyyah 3/ Al-Wardiyyah
|
Drs.
KH. Abdul Kholiq,SH.M.Si
|
10
|
Bumi Damai Al-Muhibbin
|
KH. M. Djamaluddin Ahmad
|
11
|
Al-Ghozali (Pa/Pi)
|
Nyai Hj. Muhtarroh Al-Fatih
|
12
|
Al-Hikmah (Pa/Pi)
|
KH. M. Sulthon Abdul Hadi
|
13
|
An-Najiyyah (Pa)
|
KH. Salman Al-Farisi,Lc,M.Hi
|
14
|
An-Najiyyah (Pi)
|
Nyai Hj. Nur Fiatin Amanulloh
|
15
|
Al-Wahabiyyah 1
|
Nyai
Hj. Mundjidah Wahab
|
16
|
Al-Lathifiyyah 2
|
|
17
|
Al-Wahabiyyah 2
|
H.
Shilahuddin Asy’ari
|
18
|
Al-Lathifiyyah 3
|
|
19
|
Al-Maliki (Pa/Pi)
|
Drs. KH. M. Fadhlulloh Malik,
M.HI
|
20
|
Al-Maliki 2 (Pa)
|
H. M. Syifa’ Malik,M.PdI
|
21
|
Ar-Roudhoh
|
H. Fathoni Zain
|
22
|
Panti
Asuhan Al-Fattah/Al-Amanah
|
KH. Abdul KH.oliq Hasan,M.HI
|
23
|
Al-Ikhlas
|
KH..
M. Hasyim Yusuf
|
24
|
Al-Fattah 2
|
|
25
|
Al-Hidayah
|
Agus Abdul Jabbar Hubbi
|
26
|
Al-Mardhiyyah (Pi)
|
KH. M. Yahya Husnan
|
27
|
Asrama Terpadu Hasbulloh
|
Drs. KH.. M. Hasib Wahab
|
28
|
As-Salma (Pi)
|
Drs. KH. Abdul KH.olid Mas’ud
|
29
|
Al-Asy’ariyyah (Pi)
|
H M. Rofi’uddin Asy’ari,S.Ag
|
30
|
Al-Mubtadi’in (Pa/Pi)
|
KH.
M. Asrori Alfa,M.Ag
|
31
|
Al-Fatih
|
H Muhyiddin Zainul Arifin
|
32
|
An-Nashriyyah
|
|
33
|
Darul Qur’an
|
H M. Wahyuddin Lc.
|
34
|
Sabilul Huda
|
KH. M. Imron Rosyadi Malik
|
35
|
Al-‘Utsmani
|
KH. M. Fathulloh Malik,M.PdI
|
36
|
Maslakhul Huda
|
KH. Abdul Nashir Fattah
|
b.
Sekolah/Madrasah
Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang
NO
|
SEKOLAH/MADRASAH
|
PIMPINAN
|
1
|
PLAY GROUP AL-FIRDAUS
BU
|
|
2
|
TK-MUSLIMAT
2 BU
|
|
3
|
MI
BAHRUL ULUM
|
|
4
|
MTsN
TAMBAKBERAS
|
|
5
|
MTs
BAHRUL ULUM
|
|
6
|
MTs
FH BAHRUL ULUM
|
|
7
|
SMP
BAHRUL ULUM
|
|
8
|
MAN
TAMBAKBERAS
|
|
9
|
MMA
BAHRUL ULUM
|
|
10
|
MA
BAHRUL ULUM
|
|
11
|
MAI
BAHRUL ULUM
|
|
12
|
SMK
BAHRUL ULUM
|
|
13
|
SMU
BAHRUL ULUM
|
|
14
|
MAWH
BAHRUL ULUM
|
|
15
|
SMKTI
BAHRUL ULUM
|
|
16
|
STAI
BAHRUL ULUM
|
|
17
|
STIMIK
BAHRUL ULUM
|
|
18
|
STIKES
BAHRUL ULUM
|
Pendidikan di Pondok Pesantren
Bahrul ‘Ulum dikembangkan dengan memadukan berbagai komponen yang saling
berkaitan dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain, yaitu dari
tujuan pendidikan, norma pendidikan, kelembagaan, pola pendidikan dan
komunikasi (Intern dan Ekstern).
Selain memiliki beberapa lembaga
formal juga mimiliki lembaga non formal. Hal ini sebagai satu cara agar para
santrinya memiliki kedalaman dan pemahaman yang luas tentang ajaran islam yang
dimanifestasikan dalam sikap dan perilaku amal sholeh.
Sedangkan metodologi pendidikan yang
dikembangkan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum merupakan gabungan dari metode
pendidikan alternatif. Metode tersebut diambil berdasarkan kenyataan, bahwa
pengetahuan tidak saja dihasilkan dari
proses berfikir tapi juga diperoleh dari hasil proses bertindak.
B.
PENYELENGARA
PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM (INDUK)
Adapun peyelenggara pendidikan non
formal yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum (Induk) yaitu:
1.
MADRASAH
ALQUR’AN BAHRUL ULUM
Sebuah lembaga yang merupakan
gabungan dari Madrasah Diniyyah dan Madrasah Alqur’an. Bertujuan agar para
santri :
a.
Memiliki
kemampuan membaca Alqur’an secara fasih.
b.
Hafal juz Ammah
dan surat surat pilihan di antaranya yaiut:
Ø الملك
Ø يس
Ø الم السجدة
Ø الواقعة
Ø الجمعة
c.
Mempunyai
wawasan Ulumul Qur’an dalam aspek
Ø Ilmu Makki
Ø Ilmu Madani
Ø Asbabun Nuzul
Ø Metode Tafsir
d.
Menguasai
bacaan, pemahaman dan penerapan kandungan kitab Matan Taqrib
e.
Menguasai
kemampuan menulis Alqur’an dengan benar
f.
Menguasai
sifat-sifat allah dan rasulnya
g.
Memiliki sikap
dan prilaku terpuji terhadap Alqur’an
2.
PENGAJIAN
Di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum
model pengajian kuno “Utawi – Iku” sampai saat ini masih merupakan alternative,
dalam pelaksanaan digunakan model:
a.
Model Sorogan:
bentuk pengajian ini, santri membaca kitab di depan kyai atau seorang guru
dengan menjabarkan gramatika, mengupas kandungan kandungan teks kitab yang
dibaca menformulasi pasal-pasal yang dibaca dengan bentuk yang kongkrit,
sedangkan kyai atau gurunya bertugas membetulkan mana kala bacaan atau
keterangan yang keliru.
b.
Model Wethon:
bentuk pengajian ini adalah sebagaimana biasa seorang kyai atau guru bertugas
memberikan pelajaran kitab di depan beberapa atau seorang santri. Namun karena
banyak materi kitab yang sulit diberikan secara umum, maka Bahrul ‘Ulum
mengklasifikasikan pengajian wethon ini dengan dua macam, yaitu :
1. Klasikal
Mengingat pelajaran pelajran penunjang itu membutuhkan penjabaran
dan keterangan yang sangat detail, maka pelajaran tersebut diberikan sesuai
dengan kemampuan mereka (kelas). Pelajaran penunjang itu antara lain : Nahwu,
Shorrof, Tajwid, Maslakuttadarrus, dan Qowa’idul I’lal. Pengajian model ini
wajib diikuti oleh semua santri tanpa terkecuali, karena dari pengajian model
inilah santri dapat mencari target yang maximum.
2.
Non Klasikal
Peserta pengajian ini adalah peserta didik yang telah menguasai
sedikit banyak tentang bahasa arab karena pengajian ini bersifat umum dengan
tanpa batas umur peserta. Kitab yang dibacakan dalam non klasikal antara lain
adalah: Fiqih, Ushul Fiqhi, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadist, Ilmu Hadist, Tauhid, Akhlak
dan Tasawwuf. Dalam pengajian, santri dapat menentukan pilihannya sendiri
sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan dalam waktu
sehari santri-santri dapat mengikuti sampai lima macam kitab.
3.
MUNADZOH
Suatu kegiatan pengajian kitab
secara menyeluruh utamanya bagi tingkat MMA dan mahasiswa menggali kitab dengan
menitik beratkan masalah nahwu shorofnya sebagai Follow-up pengajian klasikal
dan berlatih memahami teks-teks kitab kuning.
Adapun untuk ke depannya akan lebih
menitik beratkan masalah Waqi’iyyah (red. masalah Aktual), dan
suatu proses belajar untuk menambah wawasan berfikir tentang pendalaman
pemahaman hukum islam. Kitab-kitab Fiqih dibaca untuk dikaji dalam pikiran
pengaranganya dan akhirnya akan diambil pendapat utama yang kuat dalilnya.
4.
KORP DAKWAH
Dalam pelatihan dakwah, para santri
diklasifikasikan sesuai dengan asramahnya sehingga di Bahrul ‘Ulum (induk) terdapat 5
kelompok Korp Dakwah, kegiatan ini merupakan pembinaan para santri agar
dapat menjalankan tugasnya sebagai da’i sekaligus merealisasikan pesantren yang
punya potensi dakwah. Kelompok kegiatan ini pulalah yang direncanakan nantinya
akan mengadakan jadwal pengajian rutin, khutbah Jum’at dan pembinaan di
perkampungan sekitar Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum.
5.
MAJLIS DZIKIR
Mengingat alumni pesantren sangat
dibutuhkan dalam memimpin acara, termasuk juga memimpin tahlil dan kegiatan
ritual lainnya termasuk membaca manakib dan diba’iyah, maka Bahrul ‘Ulum sejak
dini mempersiapkan santrinya agar mampu dengan lancar mengelola kegiatan-kegiatan
tersebut dengan mengadakannya satu minggu sekali.
6.
TAKRORUDDURUS
Setiap hari kecuali hari jum’at dan
selasa semua santri diwajibkan mengikuti kegiatan taqroruddurus selama satu jam
dari jam 21:00 – 22:00.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk
mempelajari pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah masing-masiang dan
kegiatan ini sudah menjadi corak dan warna di pondok PPBU.
7.
PEMBINAAN SANTRI BARU
Dengan upaya agar para santri baru
tidak terpengaruh oleh santri lama, maka pondok pesantren memberikan pembinaan khusus
pada para santri baru slama 24 jam penuh dengan tempat yang khusus juga.
Pembinaan ini selain difokuskan pada masalah bimbingan Tajwiddil Qur’an dan
Nahwu Shorof, juga bidang akhlaq dan prilaku santri dalam keseharian.
Kk berapa biaya asrama kalau mau sekolah di stikes
BalasHapusKapan anak-anak masuk pondoknya?
BalasHapusKak berapa biaya masuk pondok Al Utsmani dan info syarat² daftarnya
BalasHapus